Figur Santri Paling Cocok untuk Dampingi Jokowi di Pilpres

Figur Santri Paling Cocok untuk Dampingi Jokowi di Pilpres
Presiden Joko Widodo dan Gubernur NTB M Zainul Majdi dalam vlog tentang Pantai Mandalika di Lombok. Foto: Youtube

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno menyatakan, sebaiknya Joko Widodo menggandeng tokoh dari kalangan santri untuk menjadi pendampingnya pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Pasalnya, tokoh yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu harus bisa menangkis berbagai tudingan yang menyebutnya anti-Islam.

Menurut Adi, ada tiga nama dari kalangan Islam yang bisa dipertimbangkan Jokowi untuk menjadi calon wakil presiden pendampingnya pada Pilpres 2009. Ketiga nama itu adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP M Romahurmuzy.

Namun, dalam pandangan Adi, nama Muhaimin memang bisa menyingkirkan Zulkifli dan Romahurmuzy. "Di antara tiga ini, nama Cak Imin (Muhaimin, red) relatif unggul dengan sejumlah alasan. Pertama,  perolehan suara PKB melampaui suara PAN dan PPP," ujar Adi, Senin (30/10).

Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta itu juga menyebut Muhaimin sebagai representasi kekuatan politik Nahdatul Ulama dengan potret keagamaan yang moderat. Muhaimin, kata Adi, merupakan figur yang cocok untuk meredam isu-isu radikalisme.

“Apalagi loyalitas PKB relatif sudah teruji ke jokowi. Bahkan fungsionaris PKB kerap pasang badan ketika Jokowi diserang isu PKI dan komunis," pungkas Adi.(gir/jpnn)‎


Presiden Joko Widodo sebaiknya mempertimbangkan tokoh dari kalangan santri untuk mendampingina di Pilpres 2019. Sebab, Jokowi dicap sebagai sosok anti-Islam.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News