Filep Wamafma Ingatkan Mendagri Soal Ini Terkait Penunjukan Karteker di Papua Barat

Filep Wamafma Ingatkan Mendagri Soal Ini Terkait Penunjukan Karteker di Papua Barat
Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Filep Wamafma. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat pada Mei 2022, beberapa nama mulai muncul dan mendapat dukungan dari masyarakat dan tokoh adat.

Terkait hal itu, Senator dari Papua Barat Filep Wamafma turut memberikan masukan.

Dia berharap pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengangkat seorang karteker atau pelaksana tugas (Plt) yang memenuhi syarat dan kebutuhan di daerah.

“Saya berharap pemerintah mengutamakan karteker yang memenuhi syarat dan berasal dari daerah. Sebagai Senator Papua Barat, saya mengingatkan kepada Menteri Dalam Negeri agar dalam menunjuk karteker di Provinsi Papua Barat perlu memperhatikan kebutuhan, kepentingan dan aspirasi masyarakat, tentu dengan menjadikan hukum sebagai rujukan penunjukan karteker,” ujar Filep Wamafma, Kamis (21/4/2022).

Filep berharap kemunculan sejumlah sosok calon karteker diharapkan benar-benar berasal dari masyarakat dan bukan by design oleh pemerintah. Apalagi jika sekadar untuk melihat bagaimana reaksi masyarakat di daerah.

“Kami berharap Kemendagri lebih matang mengambil keputusan terkait karteker ini. Keputusan ini juga dalam rangka menguji seberapa baik komunikasi Kemendagri ke daerah.” katanya.

Filep juga menyoroti munculnya sosok mantan Kabaintelkam Polri Paulus Waterpauw sebagai calon Penjabat Gubernur.

Dia menilai sosok Paulus Waterpauw adalah sosok yang memang memiliki karakter, pengalaman dan jaringan di pusat dan daerah yang sangat baik.

Senator Papua Barat Filep Wamafma mengingatkan kepada Mendagri agar dalam menunjuk karteker di Provinsi Papua Barat perlu memperhatikan soal ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News