Filipina Sebut Pasutri Indonesia Pengebom Katedral Jolo, Apa Buktinya?

Filipina Sebut Pasutri Indonesia Pengebom Katedral Jolo, Apa Buktinya?
Kondisi Katedral Jolo usai ledakan bom kembar yang diduga merupakan ulah kelompok militan Abu Sayyaf. Foto: Armed Forces of the Philippines (AFP)

jpnn.com, MANILA - Investigasi Filipina terhadap insiden bom bunuh diri di Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Jolo berlanjut. Kemarin, Jumat (1/2) Menteri Dalam Negeri Eduardo Ano mengumumkan bahwa pelaku ledakan yang menewaskan 22 orang pada Minggu (27/1) itu adalah orang Indonesia. Mereka adalah sepasang suami istri.

Ano tidak menyatakan bahwa pasutri Indonesia tersebut anggota militan Abu Sayyaf. Tapi, menurut dia, pasutri yang tidak disebutkan namanya itu mendapatkan banyak bantuan dari kelompok radikal yang berafiliasi dengan Islamic State (IS) alias ISIS.

''Saya yakin dua pelaku tersebut orang Indonesia,'' ujarnya sebagaimana dikutip Reuters.

Kepada media, Ano mengungkapkan bahwa informasi itu didapatkannya dari para saksi. Juga sumber yang dirahasiakan. Tidak diketahui bagaimana aparat bisa menyimpulkan dua pelaku tersebut adalah pasutri Indonesia. Tidak ada keterangan apa pun tentang paspor atau kartu identitas yang tertinggal di lokasi ledakan.

Ano menegaskan, di Filipina serangan bom bunuh diri yang menarget tempat ibadah sangat jarang terjadi. Tapi, bukan itu yang membuat dia langsung yakin bahwa pelaku pengeboman adalah warga negara asing.

Awalnya, tim penyelidik menyatakan bahwa dua bom yang membuat sedikitnya 111 orang terluka tersebut diledakkan dari jarak jauh. Bom itu dipicu dengan remote dari luar katedral.

Tapi, pernyataan tersebut lantas berubah pada Selasa (29/1). Tepatnya setelah Presiden Rodrigo Duterte mendatangi lokasi kejadian. Dalam kesempatan itu, dia menyebut penyebab ledakan adalah bom bunuh diri.

Sayang, saat polisi tiba di lokasi kejadian pada Minggu, katedral dan sekitarnya sudah tidak steril. Kondisi tersebut membuat aparat tidak bisa cepat-cepat menarik kesimpulan.

Pemerintah Malaysia menyatakan pelaku pengeboman Katedral Jolo adalah warga negara Indonesia. Sepasang suami istri

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News