Film 13 Bom di Jakarta, Kisah Nyata Perjalanan Indodax

Film 13 Bom di Jakarta, Kisah Nyata Perjalanan Indodax
Indonesia Bitcoin And Crypto Exchange (INDODAX). Foto dok INDODAX

jpnn.com, JAKARTA - Film 13 Bom di Jakarta, sebuah film action berdasarkan kisah nyata yang terinspirasi dari kasus terorisme yang melibatkan crypto exchange INDODAX pada 2015.

“Jadi pada saat awal-awal kita pernah terjebak dalam suatu kasus terorisme yang melibatkan peledakan beberapa bom di pusat perbelanjaan di Jabodetabek. Pelakunya meminta tebusan sebesar 100 Bitcoin,” ujar CEO INDODAX, Oscar Darmawan.

Oscar juga bercerita mengenai pengalamannya saat tiba-tiba ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus tersebut.

“Ada empat bom yang dipasang oleh para teroris dan menyebabkan adanya korban terluka akibat ledakan. Maka dari itu, banyak pihak yang terlibat pada penyelidikan itu, dari Intel, Bareskrim Mabes Polri, hingga Densus 88. Kasus saya waktu itu ditangani oleh Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, selaku Direktur Cyber Mabes Bareskrim saat itu," ujar Oscar.

"Sekarang beliau menjadi Kapolda Sumatera Selatan. Berkat kebijaksanaan dan kecerdasan beliau, saya terbukti tidak bersalah dan akhirnya dibebaskan. Bahkan jadinya Saya membantu mereka untuk melakukan penyelidikan, karena saat itu blockchain masih sangat baru di Indonesia. Saya pun hingga kini kagum dengan beliau,” ungkap Oscar.

Dia menjelaskan mengangkat kasus ini menjadi sebuah film layar lebar merupakan salah satu upaya dari INDODAX untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai kripto.

"Ekosistem kripto pada masa itu masih dalam tahap awal dan belum matang seperti sekarang. Regulasi mengenai kripto pun juga belum ada di Indonesia. Maka dari itu, Kami menghadapi berbagai tantangan yang cukup pelik dalam mendirikan startup kripto di Indonesia," jelas Oscar.

Oscar juga mengungkapkan, ide pembuatan film ini berawal dari diskusinya bersama Angga Sasongko, selaku sutradara film 13 Bom di Jakarta pada 2022 silam.

Mengangkat kasus ini menjadi sebuah film layar lebar merupakan salah satu upaya dari INDODAX untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai kripto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News