Film dan Industri Animasi Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Film dan Industri Animasi Bangkitkan Ekonomi Indonesia
Workshop pelaku ekonomi kreatif. Foto: dok. Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan akan mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung dan Cimahi melalui film, animasi dan video.

“Kami akan siapkan workshopnya, karena peningkatan ekonomi juga bukan hanya dari segi pariwisata tapi ekonomi kreatifnya," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Senin (13/9).

Kegiatan Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Cimahi dan kabupaten Bandung diberikan berupa materi terkait peningkatan inovasi dan kewirausahaan.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan pelaku ekonomi kreatif. Kegiatan masing-masing akan dihadiri oleh 65 pelaku ekonomi kreatif.

Sandi menuturkan program tersebut sudah dilaksanakan sejak 2016 dan masih terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Tahapan kegiatan dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap 4 (empat) unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I).

Penilaian itu terdiri dari 17 subsektor ekonomi kreatif, kreator/pelaku ekraf (ABCG-M), rantai nilai ekraf dan keterkaitan backward-forward linkage.

"Kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif sebagai bentuk fasilitasi pengembangan potensi ekonomi kreatif yang akan dilaksanakan di 25 Kabupaten/Kot," ujarnya. (jlo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Ekonomi kreatif subsektor film, animasi dan video membangkitkan perekonomian Indonesia.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News