Final Liga Champions Digeser, GP Rusia Diboikot

Final Liga Champions Digeser, GP Rusia Diboikot
Sebastian Vettel bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di tahun 2015. Sekarang Vettel mengatakan tidak akan pergi ke Sochi bulan September untuk mengikuti GP Rusia. (Getty Images: Clive Mason)

Beberapa pertandingan olahraga internasional yang semula akan dilangsungkan di Rusia telah dibatalkan, setelah pembalap Formula 1 Sebastian Vettel mengatakan akan memboikot balapan GP Rusia bulan September.

Menurut beberapa laporan, Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) akan membatalkan penyelenggaran final Liga Champions di kota St Petersburg setelah Rusia melakukan invasi ke Ukraina hari Kamis (24/02).

Pertemuan khusus UEFA akan dilakukan hari ini (25/02)  untuk mendiskusikan krisis politik global tersebut, dan para pejabat UEFA dikatakan akan membatalkan penyelenggaraan final Liga Champions tanggal 28 Mei di St Petersburg, demikian kata seorang sumber hari Kamis malam.

UEFA sudah mengeluarkan pernyataan mengecam tindakan Rusia dan mengatakan 'sedang memperhatikan situasi yang ada dengan sangat serius' dan memastikan bahwa pertemuan akan dilakukan hari Jumat (25/02) pukul 16.00 WIB.

"Kami tetap dalam solidaritas kami dengan masyarakat sepak bola di Ukraina dan siap untuk mengulurkan tangan kepada warga Ukraina."

Di saat ancaman serangan Rusia terhadap Ukraina meningkat selama beberapa pekan terakhir, pemerintah Inggris dan kelompok pencinta sepak bola sudah mulai menyerukan agar final Liga Champions tidak diselenggarakan di St Petersburg di mana stadion tersebut disponsori oleh perusahaan energi milik pemerintah Rusia Gazprom.

Gazprom juga adalah sponsor utama klub sepak bola Jerman Schalke, tetapi klub divisi dua tersebut mengatakan hari Kamis (24/02) bahwa logo Gazprom akan ditanggalkan dari kaos tim mereka.

Seorang pejabat eksekutif senior Gazprom juga mengundurkan diri dari dewan pengawas klub yang berbasis di Gelsenkirchen setelah dia menjadi sasaran sanksi Amerika Serikat.

Beberapa pertandingan olahraga internasional yang semula akan dilangsungkan di Rusia telah dibatalkan, setelah pembalap Formula 1 Sebastian Vettel mengatakan akan memboikot balapan GP Rusia bulan September

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News