Final Liga Champions: Liverpool Pikul Beban Anti-Real Madrid

Final Liga Champions: Liverpool Pikul Beban Anti-Real Madrid
Skuat Liverpool. Foto: uefa

jpnn.com, KIEV - Sejak Real Madrid melangkah ke semifinal Liga Champions berbalut penalti kontroversial dalam laga melawan Juventus, sentimen Anti-Real Madrid sudah terlanjur terbentuk.

Tak ada yang ingin Los Blancos kembali mengangkat Si Kuping Lebar. Cukup dua musim terakhir, final 2016 dan 2017. Tidak untuk final di Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5) dini hari nanti WIB (Siaran Langsung SCTV/ beIN Sports 1/ beIN Sports 2 pukul 01.45 WIB).

Nah, sentimen itu akan dibebankan di pundak Liverpool. ''Kami tidak sesering Real merasakan atmosfer final (Liga Champions). Tapi ini sepak bola, kami punya keempatan, kami akan coba,'' koar Juergen Klopp, dikutip The Telegraph.

Ini final pertama Liverpool setelah sedekade harus menanti. Overall, ini final ketiganya pasca ditekuk AC Milan 1-2 di Athena, 2007. Klopp pelatih pecundang di Wembley pada final edisi 2013 semasa masih melatih Borussia Dortmund. Klopp pun pecundang di final Liga Europa 2016 saat dikalahkan Sevilla 1-3 di St Jakob-Park, Basel.

Begitu pula Jordan Henderson dkk yang tak satu pun pernah mencium bau atmosfer final Liga Champions. Kecuali Porto, kejutan final 2004 lawan sesama klub kuda hitam AS Monaco, setelah itu belum ada lagi klub “hijau” jadi raja. Ingat, final Liga Champions selalu soal mental. Musim lalu, saat Juventus lolos ke final semua berpikir itu akhir dari Real.

La Vecchia Signora menawan sejak di fase grup. Unbeaten dan klub dengan defense-nya yang terbaik. Nyatanya dalam final justru dipermak Sergio Ramos dkk dengan skor telak 4-1 di Millenium Stadium, Cardiff, Wales. Juve itu mirip Liverpool musim ini. Jordan Henderson dkk di musim ini jadi klub dengan offense terbaik dan sekali kalah. ''Kami yang menentukan sejarah kami sendiri,'' klaim Kloppo, sapaan akrab Klopp.

Meski “hijau” di final, bek kanan Liverpool Andy Robertson menyebut, tak ada istilah di final mereka gugup. Berbicara di situs resmi klub, atmosfer Etihad (perempat final saat berhasil mengalahkan Manchester City) dan Olimpico (semifinal lawan AS Roma) telah menempa kami dan itu yang jadi alasan kami tak perlu gugup Sabtu malam nanti,'' koar Robbo, sapaannya.

Zizou, sapaan Zidane, seperti dikutip Marca menyebut sentimen itu wajar adanya. Tidak ada bedanya dengan jargon Anyone But United yang sering membayangi Manchester United di era Sir Alex Ferguson, Real terlalu dominan dalam Liga Champions. Zidane siap menjawab apa yang membuatnya gusar itu.

Final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool akan live di SCTV, Minggu (27/5) mulai pukul 01.45 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News