Finish di Bukittinggi, Pembalap Iran Dominasi di TdS 2017

Finish di Bukittinggi, Pembalap Iran Dominasi di TdS 2017
Tour de Singkarak (TdS) 2017. Foto: Istimewa

jpnn.com, BUKITTINGGI - Tour de Singkarak (TdS) 2017 resmi berakhir. Pebalap asal Iran menjadi yang terbaik pada kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata.

Di Etape kesembilan yang finis di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, (26/11) Minggu, pebalap asal Timur Tengah menjadi yang terbaik pada kejuaraan TdS adalah Khalil Khorshid dari Tabriz Shahrdary Team. 

Pebalap dengan nomor start 45 ini langsung diganjar hadiah Rp100 juta setelah membukukan total waktu 30:?12:18. Dia pun mengaku bangga. Maklum, rekan satu timnya, Ghader Mizbani gagal melanjutkan lomba. Ghader dipaksa harus out lantaran mengalami cedera setelah jatuh di etape kedua yang finis di Sawahlunto. 

"Saya senang sekali bisa meraih hasil terbaik. Apalagi saya baru pertama kali turun di TdS. Sambutan masyarakat juga luar biasa. Insya Allah saya akan kembali lagi tahun depan," kata Khalil Khorshid usai menerima medali kemenangan di Kota Bukittinggi. 

Selain menjadi juara umum dan meraih yellow jersey, Khalil Khorshid juga dinobatkan sebagai raja tanjakan (polkadot jersey) di kejuaraan dengan level 2.2 itu. Dia mampu mengumpulkan 92 poin. Poin ini didapatkan setelah melalui titik tanjakan (KOM) yang ada di setiap etape dan salah satu yang tertinggi dia etape lima dari Solok menuju Solok Selatan maupun Embun Pagi.

Selain itu, Khalil juga sukses membawa timnya Tabriz Shahrdary Team menjadi juara umum tim dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp120 juta.

Untuk predikat raja sprint TdS 2017 direbut pebalap debutan Robert Muller dari tim Embrace The World Cycling Jerman. Dia sukses meraih skor tertinggi sebesar 77 poin. Selain itu, pebalap dengan nomor start 122 ini juga mampu menjuarai etape pertama dan ketiga.

"Hasil yang cukup bagus di TdS. Saya senang dengan hasil yang saya raih. Saya berharap balapan kedepan jauh lebih baik terutama untuk transfer. Idealnya satu jam saja. Tapi saya akan berusaha untuk kembali tahun depan," katanya. 

Tour de Singkarak (TdS) 2017 resmi berakhir. Pebalap asal Iran menjadi yang terbaik pada kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News