FinsCoin Biayai 4 Proyek Film Indonesia, Sandiaga Uno: Ini yang Pertama Kali

FinsCoin Biayai 4 Proyek Film Indonesia, Sandiaga Uno: Ini yang Pertama Kali
Menparekraf/KaBaparekraf Sandiaga Uno meluncurkan pembiayaan 4 proyek film Indonesia perdana senilai Rp 50 miliar, hasil kolaborasi Adhya Group dan Bizhare melalui kegiatan Fintech Securities Crowfunding Indonesia (FinsCoin). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno resmi meluncurkan pembiayaan 4 proyek film Indonesia perdana senilai Rp 50 miliar.

Ini merupakan hasil kolaborasi pembiayaan dari Adhya Group dan Bizhare melalui kegiatan Fintech Securities Crowfunding Indonesia (FinsCoin).

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menyampaikan pihaknya selalu mendukung industri perfilman Indonesia serta memberikan apresiasi kepada Adhya Group dan Bizhare atas inovasinya dalam hal akses pembiayaan alternatif melalui Fintech Securities Crowfunding.

"Mekanisme pembiayaan 4 proyek film ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Indonesia," kata Menteri Sandiaga Uno saat peluncuran di Grand Indonesia Jakarta, Jumat (24/2).

Beberapa film yang akan mendapatkan pembiayaan antara lain Mantra Surugana (Horror), The Hole/Bolong (Horror), Tulang Belulang Tulang (Drama/Comedy), dan Romeo Ingkar Janji (Drama/Romance).

Rizky Handayani selaku deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/ Baparekraf menyampaikan bahwa salah satu tantangan yang cukup berat yang dialami industri perfilman Indonesia adalah pembiayaan produksi film.

Tantangan mulai dari biaya praproduksi, produksi, hingga pemasaran dan distribusi film.

“Meskipun permintaan pasar untuk film lokal makin meningkat, tetapi masih terdapat kendala dalam hal mendapatkan sumber pembiayaan yang memadai,” ujar Rizky.

FinsCoin membiayai 4 proyek film Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno bilang begini. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News