First Travel Sebaiknya Tidak Dipailitkan

First Travel Sebaiknya Tidak Dipailitkan
Wakil Ketua Komisi VIII Noor Achmad. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para jemaah korban biro umroh First Travel (FT) mendesak agar perusahaan milik Andika Surachman tak dipailitkan dahulu sebelum menuntaskan persoalannya dengan para jemaah yang tidak diberangkatkan ke Tanah Suci untuk berumroh.

Tuntutan ini juga diamini Komisi VIII DPR RI, agar FT fokus menyelesaikan tanggung jawabnya.

Demikian mengemuka dalam audensi jemaah korban FT dengan Komisi VIII di DPR, Senayan, Kamis (12/10/2017).

Audensi ini sebetulnya merupakan bagian dari rapat Panja Haji dan Umroh untuk meminta masukan dari masyarakat yang menjadi korban umroh fiktif.

Namun, korban FT ternyata lebih dominan daripada korban umroh lainnya dari biro perjalanan yang berbeda. Ratusan korban memenuhi ruang rapat Komisi VIII untuk menyampaikan keluh kesahnya.

Sebelum rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII Noor Achmad ini dimulai, sempat terjadi perdebatan agar semua korban bisa memasuki ruang rapat dan balkon Komisi VIII, setelah sebelumnya hanya perwakilan para korban yang bisa mengikuti audensi.

Akhirnya, rapat menyepakati semua korban bisa menyaksikan jalannya pertemuan. Keluh kesah, tuntutan, dan aspirasi disampaikan para jamaah yang jadi korban kepada Komisi VIII.

Hadir pula para kuasa hukum korban dan kelompok korban dari berbagai wilayah. Noor Achmad juga menegaskan, desakan agar FT tidak dipailitkan semata-mata agar asetnya bisa ditelusuri dahulu. Bila sudah dipailitkan, jemaah yang menjadi korban bisa ditelantarkan.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi VIII lainnya Sodik Mujahid mengungkapkan, jauh sebelum kasus FT meledak, Komisi VIII sudah mengingatkan Kementerian Agama untuk mengawasi dengan ketat biro perjalanan umroh yang menawarkan harga sangat rendah.

“Enam bulan sebelum kasus First Travel terjadi, saya sudah bersuara agar pemerintah mengawasinya. Harga yang ditawarkan tidak normal. Dan itu pasti akan menimbulkan korban. Ada indikasi First Travel bermain dengan oknum di Kementerian Agama,” ujarnya di hadapan rapat.

Anggota Komisi VIII Maman Imanulhaq ikut bersuara. Katanya, jangan sampai para jemaah umroh dijadikan komoditas oleh biro perjalanan umroh untuk mendapatkan pinjaman dari pihak ketiga. Apa yang dituntut para korban FT sangat rasional.

Bahkan, ungkap Maman, masih ada 11 biro perjalanan umroh lagi yang bermasalah seperti FT ini. Pihaknya juga mengaku sudah menghubungi Bareskrim Polri untuk mengusut tuntas beberapa biro perjalanan yang bermasalah. (adv/jpnn)

 


Desakan agar First Travel tidak dipailitkan semata-mata agar asetnya bisa ditelusuri dahulu. Bila dipailitkan, jemaah yang menjadi korban bisa ditelantarkan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News