Fitch Ratings Tingkatkan Peringkat Outlook Waskita Karya Menjadi Stabil

Fitch Ratings Tingkatkan Peringkat Outlook Waskita Karya Menjadi Stabil
Waskita Karya. Foto: Waskita Karya

jpnn.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (Waskita) mendapatkan peringkat 'A(idn) dengan outlook stabil' dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings, di mana sebelumnya mendapat peringkat A(idn) dengan outlook negatif.

Director of Finance Waskita Karya Haris Gunawan menyambut baik peningkatan outlook tersebut.

“Perubahan outlook dari Fitch Ratings dari negatif menjadi stabil menunjukkan strategi yang dilakukan Waskita Karya untuk menjaga kondisi keuangan telah berjalan dengan baik dan Waskita Karya mampu memenuhi segala kewajibannya.” jelas Haris.

Haris menuturkan, peningkatan outlook dari negatif menjadi stabil juga dipengaruhi oleh peran WSKT sebagai agen pembangunan dalam program percepatan pembangunan infrastruktur yang dicanangkan Pemerintah.

Lebih dari 70 persen dari Rp166 triliun nilai kontrak baru WSKT selama 2015 – 2018, merupakan Proyek Strategis Nasional seperti Jalan Tol, Bendungan, Light Rail Transit (LRT), dan Bandar Udara.

Selain itu, WSKT melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) juga terlibat sebagai investor pada 18 konsesi jalan tol dengan total Panjang lebih dari 1,000 KM.

Lebih lanjut, keberhasilan program divestasi jalan tol WSKT dan potensi penerimaan kas di akhir 2019 juga diyakini menjadi katalis perbaikan outlook WSKT.

Pada 18 Desember 2019 lalu, WTR telah berhasil melakukan divestasi ruas tol Solo – Ngawi dan ruas tol Ngawi – Kertosono kepada investor dari Hong Kong dengan total nilai transaksi mencapai Rp2,4 Triliun.

Perubahan outlook dari Fitch Ratings dari negatif menjadi stabil menunjukkan strategi yang dilakukan Waskita Karya untuk menjaga kondisi keuangan telah berjalan dengan baik dan Waskita Karya mampu memenuhi segala kewajibannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News