Ford Pinto Wagon 1972, Satu-satunya di Indonesia

Ford Pinto Wagon 1972, Satu-satunya di Indonesia
Ford Pinto Wagon 1972, Satu-satunya di Indonesia. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - PADANG PANJANG - Melenggang elegan di kelok jalanan sebuah kota kecil Padang Panjang, Sumatera Barat, sebuah sedan 2 pintu begitu menarik perhatian mata Red Crew Otre.

Benar saja, bak "mutiara", mobil kebanggaan Taufit ini adalah sebuah mobil langka berjenis Ford Pinto Wagon keluaran '72 yang sukses direstorasinya hingga istimewa.

"Bisa dipastikan, mobil buatan Ford Motor Company asal Amrik ini adalah satu-satunya di ranah Sumatera, dan bahkan dari informasi seorang pakar mobil klasik asal Jakarta, Pintoku ini bisa jadi satu-satunya  di Indonesia karena tak pernah ada catatan sejarah tentang masuknya ke Indonesia," kata Taufik kepada Ototrend (Jawa Pos Group).

Taufik mengaku, mobil kesayangannya ini sudah ada yang menawar Rp 100 juta. Tapi karena menjadi kesayangan, mobil ini tak akan dijual.

Mobil ini didapat melalui proses negosiasi sangat panjang dari seorang guru di Payakumbuh pada 2008 silam seharga Rp 28 juta, kondisi Pinto terbilang mengenaskan, namun masih bisa berjalan apa adanya.

Tanpa pikir panjang, segera diresto ulang dengan diproses re-paint tanpa harus melakoni aksi tambal sulam body orsinya.

"Salut nih sama besi bikinan Amerika, nggak ada keropos-keroposnya, so tinggal dipermulus dempul, langsung aku libas cat orange-coklat berlis putih memakai cat Blinken berikut clearnya," katanya.

Mengejar perawatan simple serta penyempurnaan sistem pengereman, keseluruhan tromolnya dioper posisi tromol Kijang berciet cakram. Dari spacer 5 baut, kini jadi 4 baut dengan pemanis aksen klasik berupa aplikasi wheel dop jarahan Toyota Corona '79.

PADANG PANJANG - Melenggang elegan di kelok jalanan sebuah kota kecil Padang Panjang, Sumatera Barat, sebuah sedan 2 pintu begitu menarik perhatian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News