Formasi CPNS Sesuai Kemampuan Daerah

Formasi CPNS Sesuai Kemampuan Daerah
Formasi CPNS Sesuai Kemampuan Daerah
JAKARTA - Meski pemerintah daerah diberikan peluang untuk terus mengusulkan kebutuhan PNS, namun pemerintah pusat akan memperketat penyusunan formasinya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kemampuan daerah dalam membayar gaji PNS.

"Pengukuran kemampuan daerah membayar gaji dilihat dari APBD-nya. Berapa sih PAD yang dihasilkan? Kalau PAD-nya banyak, berarti daerahnya tidak kesulitan membayar," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB), EE Mangindaan, kepada JPNN, Jumat (19/2).

Bagi daerah yang usulannya banyak tapi APBD-nya sedikit, dikatakan Mangindaan lagi, pusat akan memperkecil kuotanya. Sedangkan yang APBD-nya besar, pemerintah pun akan memberikan kuota lebih besar, dengan catatan pemda setempat memang membutuhkan tenaga PNS tersebut.

Mangindaan pun menyoroti perilaku pemda yang menjadikan PNS sebagai 'ladang' untuk mendapatkan dana lebih. Asumsinya, jika PNS banyak, maka DAU yang akan digelontorkan pusat juga banyak. "Itu salah. PAD-lah yang harusnya menjadi sektor penerimaan utama daerah," ucapnya pula.

JAKARTA - Meski pemerintah daerah diberikan peluang untuk terus mengusulkan kebutuhan PNS, namun pemerintah pusat akan memperketat penyusunan formasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News