Format Piala AFF 2018 Berubah, Joko: Kita Dukung

Format Piala AFF 2018 Berubah, Joko: Kita Dukung
Joko Driyono. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JPNN.com - Pada gelaran Piala AFF 2018 mendatang dipastikan berubah format. Jika sebelumnya Piala AFF digelar di dua tempat dengan sistem host dan co-host.

Dalam Piala AFF 2018 sudah berformat round robbin, dengan sistem dua laga kandang dan tandang. Nantinya, Asean Football Federation (AFF) yang akan menentukan tim mana saja yang menjadi tuan rumah.

Selain mengubah format, Piala AFF 2018 juga bakal diramaikan oleh lebih banyak peserta. Ada 10 negara yang akan ikut. Sembilan negara yang peringkatnya paling atas, langsung lolos. Lainnya, berasal dari pemenang duel playoff.

Format baru Piala AFF kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah akan hadir gesekan dengan kompetisi lokal?

Pertanyaan yang wajar karena dengan sistem seperti ini, Piala AFF bisa saja berlangsung lebih lama, karena tim-tim harus beristirahat panjang sebelum melakoni perjalanan jauh, menuju kandang lawan.

Jadwal kick-off juga bisa saja dipercepat agar ujung turnamen tepat waktu.

Apalagi, kompetisi di Indonesia dari musim ke musim, selalu bermasalah dengan jadwal. Berbagai situasi kerap membuat ujung kompetisi molor.

Wakil Ketua Umum PSSI Bidang Kompetisi, Joko Driyono, angkat bicara soal perubahan format Piala AFF. Joko menyatakan, PSSI sebenarnya menjadi salah satu pihak yang mendukung perubahan format Piala AFF.

JPNN.com - Pada gelaran Piala AFF 2018 mendatang dipastikan berubah format. Jika sebelumnya Piala AFF digelar di dua tempat dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News