Formula E Jakarta jadi Standar Baru Dunia Balap

Formula E Jakarta jadi Standar Baru Dunia Balap
Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara yang telah dipasangi concrete barrier. Foto: tangkapan layar kanal YouTube WPS Channel

jpnn.com, JAKARTA - Senior Sustainability Manager FIA Formula E London Iona Neilson mengatakan Formula E Jakarta menjadi standar baru ajang balapan bebas emisi dan ramah lingkungan di Indonesia.

Menurutnya, ajang balap mobil listrik itu menjadi platform yang sangat baik untuk meningkatkan kesadaran soal keberlanjutan dan energi terbarukan kepada para penonton dan penggemar.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran bahwa kendaraan listrik bisa mengurangi emisi yang turut membantu meningkatkan kualitas udara,” kata Iona dalam webinar series Net Zero Sport Emission Race ‘Worlds First : Season 8 - Jakarta E-Prix : Sustainability Perspective’, belum lama ini. 

Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta EPrix 2022 Irawan Sucahyono mencontohkan bahwa kesadaran kepedulian terhadap lingkungan juga bisa disebarkan oleh Formula E melalui hal-hal kecil.

“Contohnya, kami (pengelola) tak lagi menjual makanan dengan pembungkus seperti stirofoam dan mengimbau soal penggunaan botol air,” kata Irawan dalam diskusi yang sama.  

Irawan menjelaskan upaya menebarkan kesadaran itu tak terlepas dari konsep zero emission yang diangkat Formula E. 

Konsep ini secara otomatis memengaruhi seluruh desain acara.

Misalnya, perihal membangun sirkuit Formula E, penyelenggara tidak menebang pohon yang menghalangi pembangunan, tetapi memindahkannya.

Senior Sustainability Manager FIA Formula E London Iona Neilson menyebutkan Formula E Jakarta menjadi standar baru ajang balapan ramah lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News