Forum Parlemen P20, Mbak Puan Ajak Parlemen Bangun Kerja Sama Multilateralisme

Forum Parlemen P20, Mbak Puan Ajak Parlemen Bangun Kerja Sama Multilateralisme
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa multilateralisme sangat dibutuhkan untuk membangun kerja bersama antar negara yang efektif.. Foto: Dok DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa multilateralisme sangat dibutuhkan untuk membangun kerja bersama antar negara yang efektif.

Puan menilai, multilateralisme dapat menjawab berbagai permasalahan seperti mendamaikan perang dagang, mendamaikan konflik geopolitik, mengatasi krisis pangan dan energi, melawan eksploitasi, hingga membangun kemajuan bersama.

“Indonesia mengajak parlemen P20, melalui multilateralisme, untuk mencari solusi dan konsensus dalam mengantisipasi resesi ekonomi, mengatasi scary effect gejolak ekonomi global," kata Puan pada agenda Parliamentary Forum in the Context of the G20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10),

Dia menambahkan multilateralisme bisa mempercepat transformasi ekonomi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang lebih luas dan memperkuat orkestrasi G20 dalam menggerakan agenda pembangunan berkelanjutan.

Untuk itu, multilateralisme disebut sangat dibutuhkan untuk membangun kerja bersama antar negara yang efektif.

Puan menilai, multilateralisme bisa menjawab berbagai permasalahan seperti mendamaikan perang dagang, konflik geopolitik, mengatasi krisis pangan dan energi, melawan eksploitasi, hingga membangun kemajuan bersama.

Lebih lanjut, Mbak Puan mengatakan komitmen tersebut diharapkan tidak hanya dalam wujud kata-kata, tetapi kerja nyata.

"Diharapkan setiap negara akan bersinergi dalam membangun kekuatan bersama dan bukan menghasilkan rivalitas ataupun dominasi," jelasnya.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa multilateralisme sangat dibutuhkan untuk membangun kerja bersama antar negara yang efektif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News