Foto Hoaks Kebakaran Hutan Australia Menyebar Luas di Medsos

Foto Hoaks Kebakaran Hutan Australia Menyebar Luas di Medsos
Peta ini dianggap seolah foto satelit dari benua Australia yang terbakar, padahal hanyalah sebuah ilustrasi 3 dimensi (Dimuat di akun Facebook Meanwhile in Australia)

Bencana dan keadaan gawat darurat dari kebakaran hutan di Australia telah dieksploitasi para pengguna jejaring sosial.

Banyak informasi tidak akurat beredar di dunia maya, seperti di Twitter, Facebook, Instagram, hingga Whatsapp, soal kebakaran hutan yang sudah menelan korban jiwa setidaknya 25 orang.

Foto-foto korban yang selamat dan peta daerah di Australia yang terbakar adalah contoh berita bohong yang paling banyak disebar, termasuk oleh selebriti internasional.

Di Twitter, informasi yang salah banyak didapatkan bila menelusuri hashtag #ArsonEmergency atau darurat pembakaran sengaja.

Foto Hoaks Kebakaran Hutan Australia Menyebar Luas di Medsos Photo: Akun Twitter ini telah menyebarkan informasi bahwa ada 200 orang ditangkap karena telah sengaja membakar hutan dan semak.

 

Dr. Timothy Graham dari Universitas Teknologi Queensland menganalisa 315 akun yang mengunggah postingan Twitter dengan tag #ArsonEmergency.

Ia menemukan sepertiga dari akun tersebut adalah akun bot dan memiliki pola yang tak aneh.

Menurut Dr. Timothy, topik kebakaran ini menarik banyak perhatian dari akun bot yang memberikan 'Like' atau komentar berisi penyerangan.

Bencana dan keadaan gawat darurat dari kebakaran hutan di Australia telah dieksploitasi para pengguna jejaring sosial

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News