FPDIP Sebut Perundingan Sia-sia

FPDIP Sebut Perundingan Sia-sia
PROTES - Sejumlah aktivis berdemo sambil membakar uang kertas Malaysia, beberapa hari lalu. Foto: Choirurrozaq/Radar Tulungagung.
JAKARTA - Fraksi PDIP di DPR RI mengajukan kritik tajam terhadap perundingan di Kinabalu. TB Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi I DPR, mengatakan bahwa perundingan tersebut merupakan pertemuan rutin tahunan yang dilakukan secara bergiliran. Tahun lalu, pertemuan serupa berlangsung di Bali, sekarang di Kinabalu, dan tahun 2011 akan kembali dilaksanakan di Indonesia.

"Jadi, bukan karena ada kasus, kemudian ada pidato presiden, lalu ada perundingan," kata Hasanuddin di Gedung DPR. Bahkan, imbuh dia, enam bulan lalu rencana perundingan ini sudah dilaporkan Menlu kepada Komisi I DPR. "Jadi, ini bukan percepatan," tegasnya.

Hasanuddin juga menyindir lemahnya persiapan materi perundingan dan pra-kondisi menjelang perundingan. "Kita berharap tadinya pidato presiden (di Mabes TNI, Red) menyangkut perbatasan, menaikkan bargaining position RI pada perundingan hari ini. Ternyata tidak," ujarnya.

Hasanuddin menyesalkan pidato presiden yang justru terkesan mengakui adanya ketergantungan Indonesia kepada Malaysia. Padahal, menjelang perundingan katanya, SBY seharusnya berani mengangkat ketergantungan Malaysia sekecil apapun terhadap Indonesia.

JAKARTA - Fraksi PDIP di DPR RI mengajukan kritik tajam terhadap perundingan di Kinabalu. TB Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi I DPR, mengatakan bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News