Selasa, 25 Juni 2019 – 05:21 WIB

FPK: Perlu Komitmen Bersama Menjaga Persatuan Bangsa

Senin, 21 Mei 2018 – 01:25 WIB
FPK: Perlu Komitmen Bersama Menjaga Persatuan Bangsa - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Untuk menjaga tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maka diperlukan adanya komitmen bersama seluruh masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Sekretaris Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jakarta Barat sekaligus Ketua Panitia Buka Puasa Bersama FPK wilayah Jakarta Barat, Rachel Tuerah di Jakarta, Minggu (20/5).

Dalam acara ini, hadir di antaranya Ketua FPK Jakarta Barat, Moh. Ihsan; Perwakilan Forum Pembauran Kebangsaan dari lima wilayah kota di Provinsi DKI Jakarta, FKUB dan FKDM Jakarta Barat.

Dalam kesempatan itu, Rachel panggilan untuk Rachel Tuerah, menjelaskan latar belakang pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan. Menurut Rachel, pembentukan FPK pertama-tama berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah.

Sekretaris FPK Jakarta Barat, Rachel Tuerah (kanan posisi berdiri) saat sambutan selaku Ketua Panitia Buka Puasa Bersama FPK wilayah Jakarta Barat

Peraturan ini, kata Rachel, diterbitkan dengan pertimbangan bahwa NKRI mempunyai ciri khas yaitu kebinnekaan ras, suku, budaya dan agama yang menghuni dan tersebar di berbagai wilayah nusantara dan bertekad untuk terus menjadi satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa Indonesia. Kebinnekaan sangat berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.

Rachel mengakui bahwa Indonesia masih menghadapi berbagai konflik yang bersifat vertikal maupun horisontal disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan ras, suku, budaya, dan agama yang dapat mengancam integritas nasional.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar