Fraksi PKS: Kukuhkan Pancasila sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa

Fraksi PKS: Kukuhkan Pancasila sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa
Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini. Foto: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan Pancasila harus menjadi ideologi pemersatu bangsa agar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terjaga.

"Pancasila menjadi penting karena Pancasila adalah dasar negara Indonesia merdeka, falsafah dasar yang menjadikan Indonesia bersatu. Diterima sebagai kesepakatan bersama oleh semua kelompok dan golongan,” papar Jazuli.

Hal ini disampaikan Jazuli dalam Program Mimbar Demokrasi Kebangsaan Fraksi PKS DPR RI seri Ke-5 bertajuk “Mengokohkan Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu dan Penjaga Keutuhan NKRI”, secara daring, Jumat (11/6).

Hadir sebagai narasumber ilmuwan politik yang juga Guru Besar Universitas Pertahanan Prof. Salim Haji Said, Ph.D, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan, Sekretaris Eksekutif KKC Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Jimmy Sormin.

Jazuli menjelaskan alasan mimbar demokrasi kebangsaan kali ini mengangkat tema tentang Pancasila. Tema ini diangkat bertepatan dengan momentum Juni sebagai Bulan Pancasila. "Lebih tepatnya pada 1 Juni yang ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila," ujarnya.

Jazuli menambahkan bahwa penetapan Pancasila sebagai dasar negara, melalui perdebatan konsepsional dalam rumusan sila-sila di dalamnya. Menurutnya, perdebatan ini menunjukkan tiga hal penting.

Pertama, kualitas pemikiran (isi kepala) bangsa. Kedua, menunjukkan kualitas peradaban bangsa Indonesia dengan karakter yang unggul. Ketiga, menunjukkan kedewasaan dan kebesaran hati tokoh bangsa untuk menjaga persatuan di atas semua kepentingan golongan.

“Dengan seluruh latar filosofis lahirnya Pancasila tersebut, kita harus menunjukkan sikap dan perilaku kebangsaan yang tepat," kata dia.

Ketua FPKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan bahwa Pancasila menjadi penting karena merupakan dasar negara Indonesia merdeka. Dia menegaskan Pancasila harus menjadi ideologi pemersatu bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News