Freeport Didik Penambang Lokal Papua

Freeport Didik Penambang Lokal Papua
Proses pelatihan masyarakat lokal Papua di Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) di kawasan Light Industrial Park (LIP) PT Freeport Indonesia (PTFI), Papua. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) mendorong masyarakat lokal Papua menjadi tenaga terampil di sektor pertambangan.

Hal ini mengingat kurangnya tenaga terampil di bidang pertambangan, sementara minat masyarakat lokal sangat tinggi.

Senior Manajer IPN Soleman Faluk mengatakan, selama 15 tahun beroperasi di kawasan Light Industrial Park (LIP) PT Freeport Indonesia (PTFI), pihaknya turut mengembangkan kapasitas masyarakat Papua. Lebih khusus lagi masyarakat asli yang tinggal di area operasi PTFI.

"Kami memiliki pengembangan jangka panjang tenaga kerja asal Papua. Sistem pelatihan di IPN dibuat berbasis kompetensi kelas dunia sebagai dukungan terhadap Program Magang, Pramagang, dan Pendidikan Orang Dewasa. Program-program ini memberikan prioritas kesempatan pengembangan dan pekerjaan untuk warga asli Papua yang memenuhi syarat," kata dia dalam keterangan yang diterima.

Kebutuhan sumber daya manusia di sektor pertambangan terus terbuka sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan, termasuk untuk PTFI.

Di Indonesia bahkan sektor pertambangan membaik dari hari ke hari. Karena itu, kami berupaya agar masyarakat setempat dapat dilatih supaya terserap dalam operasi pertambangan di mana pun," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Soleman, masyarakat lokal Papua harus proaktif dalam proses transformasi ilmu pengetahuan.

Dengan begitu, tenaga terampil Papua bisa bekerja dengan profesional setara dengan tenaga kerja dari negara lainnya.

Lebih lanjut kata dia, IPN memfokuskan pada pengembangan tujuh suku yang ada di sekitar wilayah tambang PTFI Amungme, Kamoro, Dani, Damal, Moni, Mekagi dan Nduga.

Minat masyarakat lokal di Papua sangat tinggi untuk belajar tentang pertambangan Freeport.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News