Senin, 25 Juni 2018 – 22:29 WIB

Pemerintah Cegah Swasta Beli Saham Freeport

Sabtu, 13 Januari 2018 – 07:49 WIB
Pemerintah Cegah Swasta Beli Saham Freeport - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah bakal berjuang keras mencegah manuver pihak swasta agar tidak bisa menguasai saham PT Freeport Indonesia.

Karena itu, PT Inalum yang ditugasi membeli saham divestasi Freeport akan bekerja sama dengan PT Papua Divestasi Mandiri.

PT Papua Divestasi Mandiri merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) bentukan Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika yang memiliki jatah saham lewat participating interest (PI).

Kerja sama itu bertujuan mengambil sepuluh persen porsi daerah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, pengambilan saham PT FI ke pemerintah daerah akan dilakukan melalui mekanisme korporasi sehingga tidak membebani APBN maupun APBD.

’’Itu proses korporasi dengan melalui Inalum,’’ katanya saat penandatanganan perjanjian antara pemerintah pusat, Pemprov Papua, Pemkab Mimika, dan PT Inalum tentang Pengambilan Saham Divestasi PT Freeport Indonesia, Jumat (12/1).

Pemerintah berharap kepemilikan saham divestasi tersebut akan meningkatkan penerimaan negara, mempercepat hilirisasi industri dalam rangka peningkatan nilai tambah, meningkatkan kesempatan kerja, dan mendorong pembangunan daerah.

Porsi hak kepemilikan saham itu termasuk untuk mengakomodasi hak ulayat masyarakat yang merasakan dampak permanen pertambangan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar