Freeport Dukung Pelajar Papua Memerangi AIDS

Freeport Dukung Pelajar Papua Memerangi AIDS
Puluhan pelajar SMP dan SMA/SMK se-kabupaten Mimika mengkampanyekan edukasi HIV-AIDS kepada sesama kalangan pelajar, remaja dan masyarakat umum. Foto Istimewa

jpnn.com, MIMIKA - Puluhan pelajar SMP dan SMA/SMK se-kabupaten Mimika mengkampanyekan edukasi HIV-AIDS kepada sesama kalangan pelajar, remaja dan masyarakat umum.

Hal tersebut dilakukan dalam memperingati hari AIDS se-dunia yang jatuh pada 1 Desember lalu.

Acara ini juga dilakukan untuk mengakhiri penularan HIV, serta stigma dan tindakan isolasi terhadap penderita HIV dan AIDS.

Acara yang didukung oleh Community Health Development PT Freeport Indonesia ini, melibatkan semua pemangku kepentingan terkait yaitu, Yayasan Peduli AIDS (Yapeda), SMKN 03 Timika, SMA Tiga Raja Timika dan Puskesmas Timika.

Benny Angkus, koordinator program penanggulangan HIV Community Health Development PT Freeport Indonesia mengatakan, kegiatan ini sebagai kerja sama antar pemangku kepentingan di Kabupaten Mimika untuk mengurasi jumlah pengidap HIV positif.

Pasalnya pengidap HIV/AIDS di kalangan pelajar mulai meningkat.

“Menurut data Komisi Penanggulangan AIDS, jumlah orang yang hidup dengan AIDS (ODHA) tahun ini sudah mencapai 5.029 kasus, dan untuk pemuda sudah ada puluhan. Lewat kegiatan ini kami ingin menciptakan dan memperkuat hubungan kerjasama antar lembaga dalam memerangi virus penularan HIV/AIDS di Kabupaten Mimika,” papar Benny.

Salah satu bentuk kampanye yang dilakukan adalah kompetisi Dance for Life di SMK 3 yang diikuti lebih dari 800 pelajar secara perwakilan.

Acara ini juga dilakukan untuk mengakhiri penularan HIV, serta stigma dan tindakan isolasi terhadap penderita HIV dan AIDS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News