Puluhan Anak Terjangkit HIV/AIDS akibat Tertular dari Ortu

Puluhan Anak Terjangkit HIV/AIDS akibat Tertular dari Ortu
HIV AIDS. Foto: Health

jpnn.com, SINGARAJA - Puluhan anak di Kabupaten Buleleng positif terjangkit HIV/AIDS. Kini, para aktivis yang bergerak pada bidang HIV/AIDS tengah fokus melakukan pendampingan pada anak-anak itu agar termotivasi dan terus berobat secara pengobatan secara kontinu.

Data Dinas Kesehatan Bali menunjukkan, jumlah penderita HIV/AIDS di Buleleng hingga Oktober 2017 mencapai 2.703 orang.
Angka itu merupakan jumlah kumulatif sejak kasus HIV pertama kali ditemukan di Buleleng pada tahun 1999 silam.

Dari jumlah tersebut, ada puluhan anak-anak yang dinyatakan positif tertular HIV/AIDS dari orang tua mereka. Konselor HIV Yayasan Citra Usadha Indonesia (YCUI) Buleleng Made Ricko Wibawa mengatakan, sejak 2001 lalu pihaknya sempat mendampingi 35 orang anak yang dinyatakan positif HIV.

Namun, YCUI memang tak mendampingi semua orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang masih anak-anak. Sebab, ada yang tak mau didampingi ataupun diajak ke luar daerah oleh orang tua mereka.

Dari jumlah 35 orang anak itu, kini tinggal 25 orang lagi yang masih didampingi YCUI Buleleng. “Sepuluh lainnya karena kondisinya sudah memprihatinkan, meninggal dunia. seperti diberitakan Radar Bali.

Menurut Ricko, ODHA anak bisa disebut sebagai korban. Pasalnya, anak-anak yang dampingan YCUI Buleleng tertular HIV/AIDS dari orang tua mereka.

Biasanya, penularan berasal dari pria yang melakukan hubungan seksual berisiko. Virus HIV kemudian menular kepada istrinya.

Namun, HIV belum terdeteksi saat sang istri hamil. Akibatnya tidak bisa dilakukan langkah pencegahan ketika persalinan.

Puluhan anak di Kabupaten Buleleng, Bali positif terjangkit HIV/AIDS akibat tertular dari orang tua mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News