FSGI Pegang Bukti Kuat Kunci Jawaban UN Bocor

FSGI Pegang Bukti Kuat Kunci Jawaban UN Bocor
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) kembali membuka Posko Pemantauan UN SMP sejak minggu 8 Mei 2016 dan akan ditutup Kamis, 12 Mei 2016. Pada hari ketiga, ada laporan kecocokan antara kunci jawaban yang bocor dengan aslinya.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti, Rabu (11/5). Menurutnya, ada laporan dari seorang guru pengawas di Jakarta yang mendapatkan kunci jawaban dari peserta UN yang diawasi.

Kebetulan, lanjut Retno, rekan mengawas satu ruangan pelapor saat itu adalah guru Bahasa Inggris dan saat dicocokan dengan soal cadangan di kelas ternyata cocok. Namun, siswa yang membawa bocoran kunci jawaban belum dimintai keterangan.

“FSGI memperoleh foto soal dan kunci jawaban tersebut yang isinya memang tepat. Ini UN PBT Bahasa Inggris SMP. Kami kamis besok akan melaporkan seluruh pemantauan ke Inpektorat Jenderal Kemdikbud RI agar bisa ditindaklanjuti,” kata Retno.

Selain itu, posko FSGI juga menerima laporan dari seorang guru bahasa Inggris di Jakarta  yang menilai banyak kosa kata yang sulit dalam soal UN Bahasa Inggris SMP 2016. Hal ini menurutnya, akan membuat para siswa kesulitan memaknai arti kata tersebut dalam kalimat soal.(fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News