JPNN.com

FT UMSU Ciptakan Alat Masak Tenaga Surya

Selasa, 15 Mei 2012 – 09:12 WIB FT UMSU Ciptakan Alat Masak Tenaga Surya - JPNN.com
FT UMSU Ciptakan Alat Masak Tenaga Surya
MEDAN-Masyarakat Kota Medan diberikan sajian yang cukup spektakuler, oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), khususnya Fakultas Teknik (FT), dengan sebuah terobosan baru yakni alat masak tenaga surya atau disebut Solar Cooking.

Alat tersebut diharapkan menjadi alternatif bagi masyarakat, terlebih dalam menghadapi potensi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang naik.

"Ini merupakan sebuah agenda dengan tujuan sebagai bantuan, yang diperuntukkan bagi masyarakat guna mengantisipasi kenaikan harga BBM yang berpotensi naik. Alat ini mengandalkan tenaga surya. Pada prinsifnya diciptakannya melihat krisis energi yang tinggi tidak hanya di Indonesia dan dunia," ungkap Dekan FT  UMSU, Rahmatullah kepada Sumut Pos (Grup JPNN), Senin (14/5).

Dijelaskannya, fokus sosialisasi alat masak alternatif bertenaga surya di seputaran Medan Utara, yang berdekatan dengan perairan Belawan, didasarkan karena di area tersebut cuaca dan suhu udara sangat strategis dalam pengoperasian alat tersebut. Selain itu pula, mayoritas masyarakat di seputaran perairan Belawan relatif, berada dalam tatanan masyarakat pra sejahtera.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...