Gadis Cilik India Taklukkan Gunung Everest

Gadis Cilik India Taklukkan Gunung Everest
Malavath Purna. Getty images

jpnn.com - HYDERABAD--Sebuah prestasi ditorehkan oleh gadis cilik asal India, Malavath Purna. Sabtu (24/5) kemarin, Purna yang baru berusia 13 tahun menjadi pendaki wanita termuda karena berhasil menaklukkan gunung tertinggi di dunia, Everest.

Purna didampingi Sadhanapalli Anand Kumar, 16, seorang pelajar Kelas IX dari distrik Khammam Andhra Pradesh, dan menyelesaikan pendakian Sabtu pagi waktu setempat.

"Mereka berhasil ke puncak Everest pukul 06:00 setelah melakukan ekspedisi selama 52 hari," kata juru bicara pemerintahan setempat, seperti dilansir timesofindia, Minggu (25/5).

"Purna menciptakan rekor sebagai gadis termuda yang mendaki Everest," sambungnya.

Anand dan Purna sendiri terpilih dari sekitar 150 anak yang awalnya diseleksi sebagai bagian tim olahraga petualangan untuk mempromosikan prestasi pelajar di masyarakat. Mereka lantas dikirim untuk menjalani pelatihan memanjat gunung di berbagai lokasi.

"Siswa dengan tingkat daya tahan dan ketangguhan lebih tinggi kemudian dikirim dalam ekspedisi Everest pada April lalu," pungkasnya.

Sebelumnya, rekor pendakian diraih seorang anak laki-laki berusia 13 tahun asal AS, Jordan Romero, sebagai pendaki termuda yang pernah menaklukkan puncak Everest. Anak muda dari Big Bear, California tersebut mendaki puncak setinggi 8.850 meter (29.035 kaki) dari sisi Tibet. (esy/jpnn)


HYDERABAD--Sebuah prestasi ditorehkan oleh gadis cilik asal India, Malavath Purna. Sabtu (24/5) kemarin, Purna yang baru berusia 13 tahun menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News