Gagalkan Pencurian Motor dengan Cabut Kabel Busi

Gagalkan Pencurian Motor dengan Cabut Kabel Busi
Gagalkan Pencurian Motor dengan Cabut Kabel Busi

jpnn.com - KIAT Chusaini, 22, menangkal curanmor boleh diacungi jempol. Warga Jalan Wonokusumo Jaya itu mencopot kabel yang tersambung ke busi ketika meninggalkan motornya di depan gang.

Kiat cerdik itulah yang menjadi biang kesialan Razeek Efendi, 18. Dia gagal menghidupkan mesin motor tersebut saat mencurinya.

Pencurian itu terjadi ketika Chusaini hendak mengunjungi temannya di kawasan Jalan Tenggumung. Karena jalan menuju kos temannya sempit, dia meninggalkan motor Yamaha Jupiter Z nopol L 4412 VJ miliknya di mulut gang. Namun, sebelum meninggalkannya, Chusaini mencopot kabel busi.

Razeek yang melihat motor ditinggal tanpa pemilik langsung memiliki ide jahat. Dengan mengajak SF (buron), dia membobol kunci setang dengan menggunakan besiletter L yang ujungnya dipipihkan.

Meski lampu indikator di speedometer menyala, mereka selalu gagal ketika menyalakan mesinnya. Razeek pun menaiki motor tersebut dan SF mendorong agar mesin menyala. Saat aksi mendorong itulah, Chusaini muncul dan sadar motornya sedang dicuri. Teriakannya membuat warga sekitar muncul dan langsung menangkap Razeek. Sementara itu, SF berhasil kabur ke gang-gang sempit.

Pelaku mengaku baru pertama mencuri motor. Dia tidak mengira kabel businya dilepas sehingga mesinnya tidak bisa dinyalakan. ”Saya kapok, Mas,” ucapnya di Mapolsek Kenjeran.

Tapi, polisi tidak begitu saja memercayainya. Sebab, baru tiga minggu dia bebas dari penjara karena kasus pencurian handphone.(eko/c6/ib)

KIAT Chusaini, 22, menangkal curanmor boleh diacungi jempol. Warga Jalan Wonokusumo Jaya itu mencopot kabel yang tersambung ke busi ketika meninggalkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News