Gagas Aspeksindo untuk Satukan Visi Daerah Kepulauan

Gagas Aspeksindo untuk Satukan Visi Daerah Kepulauan
Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali. Fofo Humas

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA — Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali menggagas dibentuknya asosiasi yang bisa mewadahi kepentingan daerah yang secara geografi terdiri dari kepulaun.

Pembentukan asosiasi penting karena sejauh ini belum ada yang secara resmi menaungi pemerintah kabupaten kepulauan.

Padahal, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 18.108 pulau, termasuk 9.638 pulau yang belum diberi nama, dan 6.000 pulau tak berpenghuni.

Dengan garis pantai sepanjang lebih dari 81 ribu km serta luas laut sekira 3,1 juta kilometer persegi, potensi kekayaan hayati negeri ini begitu besar.

Basli menjelaskan, keberadaan asosiasi sangat penting untuk menyatukan visi, sinergitas, serta kolektivitas antardaerah kepulauan.

“Makanya saya mengusulkan adanya semacam asosiasi yang mewadahi kabupaten kepulauan di Indonesia,” ujar Basli beberapa waktu lalu.

Jika Asosiasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Indonesia (ASPEKSINDO) berdiri nantinya, Basli optimistis pemerintah akan lebih memberi perhatian pada daerah-daerah kepulauan.

Pembangunan bisa dikebut, kesejahteraan masyarakat ikut terangkat. “Jika ada yang seide kami siap bertukar pikiran terkait asosiasi ini,” lanjut Basli.

JPNN.com JAKARTA — Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali menggagas dibentuknya asosiasi yang bisa mewadahi kepentingan daerah yang secara geografi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News