Gajah Terlatih Usir Gajah Liar

Gajah Terlatih Usir Gajah Liar
Gajah Terlatih Usir Gajah Liar
KEPENUHAN--Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau turunkan dua gajah terlatih sebagai pemikat untuk mengusir empat kawanan gajah liar yang mengusik perkebunan masyarakat petani di Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (14/11/12).

BKSDA bersama Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Rohul, berusaha menghalau empat kawanan gajah ini dari areal perkebunan masyarakat petani agar kembali ke habitatnya di hutan sekitar.

Kepala Dishutbun Kabupaten Rokan Hulu, Sugiyarno mengaku untuk menghalau empat gajah liar ini pihaknya berkoordinasi dengan BKSDA Riau. Dua ekor gajah pemikat dan terlatih ini akan menghalau kawanan gajah liar agar kembali ke habitatnya.  “Dua gajah jinak ini memang sudah terlatih untuk menghalau kawanan gajah liar,” kata Sugiyarno.

Sugiyarno mengatakan, empat kawanan gajah liar ini masuk ke perkebunan petani di Kecamatan Kepenuhan dan Bonaidarussalam pasca banjir pekan lalu. Masuknya kawanan gajah ini sangat mengusik para petani dua kecamatan tersebut.  Sebelumnya, lanjut Sugiyarno, BKSDA Riau tidak berencana menggunakan jasa dua gajah tersebut, namun saat di lapangan menemui kendala, sehingga terpaksa menurunkan dua ekor gajah terlatih untuk mengahalau kawanan gajah liar ini. 

KEPENUHAN--Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau turunkan dua gajah terlatih sebagai pemikat untuk mengusir empat kawanan gajah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News