Gali Potensi Ekspor di Daerah, Bea Cukai Terus Bangun Kolaborasi dengan Pemda

Gali Potensi Ekspor di Daerah, Bea Cukai Terus Bangun Kolaborasi dengan Pemda
Bea Cukai Batam hadir dalam focus group discussion (FGD) optimalisasi ekspor yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (25/5) . Foto: Dokumentasi Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk menggali potensi ekspor di daerah.

Contohnya dilakukan Bea Cukai Magelang bersama Dinas Perdagangan Kabupaten Wonosobo dengan mengadakan kegiatan Kelas Ekspor.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (25/5) itu merupakan asistensi kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Temanggung.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyampaikan instansinya memiliki peran sebagai industrial assistance untuk mendampingi dan mengasistensi pertumbuhan industri dalam negeri melalui ekspor dan impor.

"Dalam mengoptimalkan peran tersebut, Bea Cukai turut bersinergi dengan instansi terkait lainnya agar kinerja ekspor dapat berjalan maksimal,” kata Hatta Wardhana melalui keterangan yang diterima Senin (13/6).

Seperti halnya dilakukan Bea Cukai Batam yang menerima undangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Riau dalam kegiatan focus group discussion (FGD) bertajuk “Optimalisasi Ekspor”.

Kegiatan yang berlangsung Rabu (25/5) itu bertujuan memberikan keselarasan antarinstansi terkait dan stakeholder dalam mengoptimalkan ekspor daerah sehingga mengurangi permasalahan yang terjadi di lapangan.

Hatta juga menyampaikan di wilayah lainnya, yakni di Kalimantan Utara (Kaltara), Bea Cukai Tarakan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM turut mengikuti FGD dengan tema “Peningkatan Pemanfaatan Komoditi Unggulan Pertanian dan Perikanan sebagai Produk Unggulan Ekspor Kaltara”, pada Kamis (2/6).

Bea Cukai terus membangun kolaborasi dengan pemda untuk menggali potensi ekspor di daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News