GAMA Puji Ananda Sukarlan yang Mendapat Penghargaan Tertinggi dari Kerajaan Spanyol

GAMA Puji Ananda Sukarlan yang Mendapat Penghargaan Tertinggi dari Kerajaan Spanyol
Pemberian penghargaan dari Kerajaan Spanyol kepada Ananda Sukarlan. Dok: Source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Komponis dan pianis Indonesia Ananda Sukarlan menerima penghargaan kesatriaan Royal Order of Isabella the Catholic (Real Orden de Isabel la Católica), yang diberikan kepada individu sipil atau lembaga sebagai pengakuan atas jasa luar biasa terhadap negara atau hubungan internasional dengan negara lain.

Penganugerahan medali ini diberikan oleh Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Francisco Aguilera Aranda di Hotel Gran Melia Jakarta.

Orden de Isabel la Católica dicanangkan tahun 1815 oleh Raja Ferdinand VII untuk menghormati Ratu Isabella I. Dalam bidang pengabdian kepada tanah air, Orden de Isabel la Católica merupakan penghargaan sipil tertinggi yang secara de facto diberikan oleh Kerajaan Spanyol. Sukarlan merupakan warga negara Indonesia pertama yang dianugerahi medali ini.

"Saya seorang seniman, sebetulnya saya hanya menjalankan tugas untuk mengkomunikasikan keindahan dan kedamaian melalui musik. Indonesia adalah negara kelahiran saya, Spanyol telah membesarkan saya sejak saya lulus dari Belanda, jadi wajar jika saya berhutang banyak kepada tiga negara ini," ujar Ananda Sukarlan dalam siaran persnya.

"Terima kasih kepada negara-negara tersebut. Kalau saya mendapat pengakuan yang begitu besar, itu bonus saja yang sangat saya hormati. Bonus yang sangat lumayan," sambung dia.

Dia kemudian melanjutkan ucapan terima kasihnya kepada sejumlah tokoh penting dalam hidupnya, termasuk mantan Presiden Indonesia B.J. Habibie dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah bekerja sama dengannya di masa lalu.

Atas pencapaiannya tersebut, Sukarlan mendapat pujian hangat dari masyarakat Indonesia, salah satunya dari sukarelawan pendukung capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD atau GAMA.

"Kami mengapresiasi penganugerahan Orden de Isabel la Católica dari Pemerintah Spanyol kepada Ananda Sukarlan. Beliau merupakan tokoh besar yang dimiliki Indonesia dan diakui oleh dunia internasional lewat berbagai karya-karya yang luar biasa," ujar Ketua Umum Ganjarist Kris Tjantra.

Sukarelawan GAMA memberikan pujian kepada Ananda Sukarlan yang menerima penghargaan tertinggi dari Kerajaan Spanyol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News