Gamalama Meletus, Ternate Tertutup Abu

Gamalama Meletus, Ternate Tertutup Abu
Gamalama Meletus, Ternate Tertutup Abu
JAKARTA - Gunung berapi Gamalama di Ternate, Maluku Utara meletus pada pukul 13.22 WIT, Minggu (16/9). Tak hanya sekali meletus, terjadi erupsi susulan setelah letusan pertama.

"Kemudian, pada pukul 14.15 WIT meletus lagi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (16/9). Dijelaskannya, letusan disertai suara gemuruh sedang. Tinggi asap letusan lebih kurang 1.000 meter ke arah tenggara - selatan.

"Hujan abu jatuh di pos pengamatan pukul 14.20 WIT. Debu sudah turun di selatan Kota Ternate. Jarak pandang 50 meter. Belum ada pengungsian," katanya.

Lebih lanjut Sutopo mengatakan, terhitung sejak pukul 14.30 WIT Gunung Gamalama dinaikkan statusnya dari Waspada (level II) ke status Siaga (Level III). Menurutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Provinsi Maluku Utara, saat ini sudah di lokasi kejadian. BPBD berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk penyediaan masker.

JAKARTA - Gunung berapi Gamalama di Ternate, Maluku Utara meletus pada pukul 13.22 WIT, Minggu (16/9). Tak hanya sekali meletus, terjadi erupsi susulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News