Gandeng 2 Kabupaten, Kemendikbudristek Kembali Gelar SangiRUN Night Trail

Gandeng 2 Kabupaten, Kemendikbudristek Kembali Gelar SangiRUN Night Trail
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan SangiRUN Night Trail 2022 akan berlangsung pada 16 - 18 September 2022 di Desa Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Pemkab Sragen dan Kabupaten Karanganyar kembali menggelar kegiatan SangiRUN Night Trail.

SangiRUN Night Trail 2022 itu akan berlangsung pada 16 - 18 September 2022 di Desa Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan kegiatan itu diharapkan bisa menjadi sarana untuk mendekatkan masyarakat dengan warisan budaya dan mengangkat kehidupan desa-desa di sekitar Situs Manusia Purba Sangiran yang juga memiliki potensi seni, budaya, dan kriya.

SangiRUN Night Trail pertama kali diselenggarakan pada 2021 sebagai upaya pengembangan dan pemanfaatan Situs Manusia Purba Sangiran yang diakui oleh UNESCO pada 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site.

Selain itu, kegiatan tersebut juga menghidupkan kembali olahraga lari yang selama masa pandemi tidak bisa dilaksanakan. 

"Kegiatan ini merupakan lomba lari dengan penuh tantangan di malam hari melewati bukit, hutan, dan sawah," kata Dirjen Hilmar saat konferensi pers daring mengenai SangiRUN Night Trail 2022, Rabu (10/8).

Dia menyebutkan lomba lari itu dibagi menjadi dua kategori, yakni lari sejauh 25 km dan lari bersama kawan atau keluarga sejauh 4 km.

Dirjen Hilmar mengungkapkan tujuan awal hadirnya SangiRUN Night Trail adalah untuk mendekatkan warisan budaya Indonesia kepada masyarakat melalui aktivitas yang relevan dan kekinian. 

Kemendikbudristek menggandeng dua kabupaten kembali menggelar kegiatan SangiRUN Night Trail.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News