Gandeng Jurnalis, Childfund International Bikin Kultur Digital Ramah Anak

Gandeng Jurnalis, Childfund International Bikin Kultur Digital Ramah Anak
Childfund International di Indonesia (CFI) menggandeng para jurnalis memperkenalkan program Swipe Safe. Foto: Dokumen CFI

jpnn.com - JAKARTA - Childfund International di Indonesia (CFI) menggandeng para jurnalis memperkenalkan program Swipe Safe untuk membentuk kultur digital yang positif, di samping membantu orang tua dan tenaga pendidik dalam menavigasi dunia maya dengan lebih baik. 

Langkah ini juga untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi dan ancaman negatifnya terhadap anak-anak.

"Orang tua dan pendidik harus lebih cepat beradaptasi dalam mengawasi aktivitas anak, mendidik serta melindungi dari ancaman yang ada di dunia daring," kata Spesialis Perlindungan Anak dan Advokasi CFI Reny Haning, Jumat  (17/3).

Program inisiatif yang didukung ChildFund Australia dan Australia Government ini bertujuan supaya masyarakat dapat  menavigasi internet dengan aman melalui edukasi anak, orang tua, penyedia layanan dan sekolah mengenai potensi risiko online.

Selain itu, juga lewat pemberian keterampilan praktis bagaimana melindungi diri mereka dari risiko eksploitasi seksual, kekerasan seksual, penipuan dan peretasan di dunia online. 

“Inisiatif Swipe Safe juga bekerja sama dengan sekolah untuk mengembangkan kebijakan sekolah dan prosedur keamanan online bagi anak,” imbuhnya.

Berdasarkan kajian tentang eksploitasi, kekerasan seksual dan perundungan online di Indonesia yang diluncurkan CFI pada Desember 2022, terungkap bahwa eksploitasi seksual komersial anak (ESKA) secara daring telah berkembang menjadi berbagai wujud.

Tidak hanya dalam bentuk produksi, kepemilikan, dan distribusi materi pelecehan dan eksploitasi seksual anak secara daring, tetapi telah diperluas menjadi live streaming pelecehan seksual anak, online grooming serta pemerasan dan pemaksaan seksual.

Childfund International menggandeng jurnalis untuk membuat kultur digital ramah anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News