Gandeng NISC Jepang, BSSN Perkuat Kolaborasi Lewat Cybersecurity Working Group Meeting

Gandeng NISC Jepang, BSSN Perkuat Kolaborasi Lewat Cybersecurity Working Group Meeting
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan National Center of Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC) Jepang, menggelar kegiatan 3rd ASEAN-JAPAN Cybersecurity Working Group Meeting dan 5th ASEAN-JAPAN Critical Information Infrastructure Protection (CIIP) Workshop 2022. Foto dok BSSN

jpnn.com, BALI - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan National Center of Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC) Jepang, menggelar kegiatan 3rd ASEAN-JAPAN Cybersecurity Working Group Meeting dan 5th ASEAN-JAPAN Critical Information Infrastructure Protection (CIIP) Workshop 2022.

Kegiatan tersebut digelar pada 2-5 Agustus 2022 di Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali.

Forum ASEAN-Japan Cybersecurity Meeting merupakan forum yang paling aktif di regional ASEAN dalam pembahasan keamanan informasi dan keamanan siber dan telah berjalan sejak 2009.

Pertemuan 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam keamanan siber, serta meningkatkan kapasitas keamanan siber antar negara ASEAN dan Jepang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BSSN Hinsa Siburian, Konselor untuk Strategi Internasional NISC Jepang Mr. Nobuhiro Watanabe, delegasi dari negara anggota ASEAN, negara Jepang serta Sekretariat ASEAN.

Hinsa menuturkan Indonesia sebagai negara anggota ASEAN berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam mendukung terciptanya ruang siber yang aman dan damai di kawasan Asia Tenggara dan global.

“Kami terus berupaya melakukan penguatan kapasitas dan kapabilitas keamanan siber di dalam negeri, serta mendorong sinergi dan kolaborasi, baik secara bilateral, regional, maupun global dalam menghadapi ancaman dan serangan siber," jelas Hinsa.

BSSN menyambut baik kesempatan menjadi tuan rumah 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting karena forum tersebut sangat bermanfaat bagi Indonesia.

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam keamanan siber, serta meningkatkan kapasitas keamanan siber antar negara ASEAN dan Jepang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News