Gandeng Pelaku Industri Seni Budaya, Ganjar Muda Padjajaran Gelar Wayang Golek

Gandeng Pelaku Industri Seni Budaya, Ganjar Muda Padjajaran Gelar Wayang Golek
Ganjar Muda Padjajaran (GMP) melangsungkan Pagelaran Wayang Golek serta Penyerahan Lukisan Ganjar Pranowo di Padepokan Giri Harja, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto dok GMP

jpnn.com, BANDUNG - Ganjar Muda Padjajaran (GMP) melangsungkan Pagelaran Wayang Golek serta Penyerahan Lukisan Ganjar Pranowo di Padepokan Giri Harja, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ketua GMP Pusat Rendra menjelaskan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kolaborasi antara seniman dengan GMP  untuk memberikan apresiasi kepada pelaku industri kesenian di Jawa Barat.

"Ini merupakan kegiatan kolaborasi antara kami (GMP) dengan Padepokan Giri Harja. Kami sadar kondisi seni tradisional khususnya di Jawa Barat makin tergerus di tengah modernisasi. Kami hadir di sini berupaya untuk terus melestarikan kesenian khususnya Wayang Golek," ujar Rendra pada Selasa (17/1).

Sesuai dengan visi misi GMP, Rendra berupaya melakukan konsolidasi dengan berbagai macam lapisan masyarakat, terutama pemuda di Jawa Barat dalam mengkonsolidasikan Ganjar Pranowo.

"Kami hadir di sini untuk memberikan solusi kepada masyarakat, seperti contohnya apa yang kami lakukan saat ini, setelah berdiskusi panjang mendengarkan masukan dari para tokoh kesenian, kami terjun langsung untuk membantu para pegiat kesenian untuk terus lestari. Kebetulan Pak Ganjar seringkali terlibat aktif berkomunikasi langsung dengan para seniman di Jawa Tengah," papar Rendra.

Melalui GMP, Rendra berharap masyarakat makin sadar dan peduli akan kebudayaan yang selama ini sudah menjadi identitas nusantara.

Dirinya pun berkomitmen untuk merumuskan strategi lanjutan untuk terus mengencarkan kesenian khas Jawa Barat, terutama pada generasi muda.

"Pemuda saat ini harus mengenal akar budaya yang selama ini sudah melekat dalam jati diri bangsa. Upaya kami sebagai GMP ke depan akan menggelar kegiatan yang mengarah kepada pemberdayaan seniman dan budayawan Jawa Barat. Kami ingin para seniman ini bisa terbantu terutama dalam hal perekonomian," harapnya.

Ganjar Muda Padjajaran berkomitmen untuk merumuskan strategi lanjutan untuk terus mengencarkan kesenian khas Jawa Barat, terutama pada generasi muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News