Gandeng PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia, BPSDMI Kemenperin Buka Program Setara D1

Gandeng PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia, BPSDMI Kemenperin Buka Program Setara D1
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) menggandeng PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia untuk menggelar pendidikan setara Diploma 1 di Bidang Operator Alat Berat. Foto dok Kemenperin

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) terus mendorong peningkatan kualitas SDM Sektor Industri.

Salah satunya ialah dengan menggandeng PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia untuk menggelar pendidikan setara Diploma 1 di Bidang Operator Alat Berat.

Kepala BPSDMI Arus Gunawan menerangkan program ini sebagai wujud nyata kerja sama antara pemerintah, institusi pendidikan dengan dunia industri. 

“Melalui program ini, diharapkan akan memperkecil competency gap antara dunia industri dengan dunia pendidikan yang akhirnya tercipta SDM Industri kompeten tanpa adanya program retraining oleh industri,” ujar Arus, Senin, (22/8).

Arus berharap, program ini dapat mengatasi permasalahan SDM industri. Misalnya saja, besarnya jumlah pengangguran terbuka, tingkat pendidikan angkatan kerja yang masih rendah, serta produktivitas tenaga kerja yang masih rendah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI) Restu Yuni Widayati menjelaskan tujuan kegiatan penyelenggaraan pendidikan setara D1 adalah untuk membekali calon tenaga kerja dengan keahlian terapan atau keterampilan teknis yang diperlukan di bidang tersebut.

“Keahlian dan keterampilan tersebut ditempuh selama 1 satu tahun dan lulusannya langsung ditempatkan bekerja dalam rangka meningkatkan daya saing industri,” jelas Restu.

Direktur PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia Leonard Hadyanto dan Manager HR & HS PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia A. Adrianti Latippa menyampaikan program ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu, karena sangat membantu proses pertumbuhan perusahaannya di Kabupaten Bantaeng.

BPSDMI Kemenperin, sangat mendorong upaya penguatan dan pengembangan SDM Industri melalui program vokasi yang link and match dengan industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News