Gandeng Transjakarta, VKTR Teknologi Akan Ubah Ribuan Bus Konvesional jadi Listrik

Gandeng Transjakarta, VKTR Teknologi Akan Ubah Ribuan Bus Konvesional jadi Listrik
PT VKTR Teknologi Mobilitas/VKTR akan mengubah bus Transjakarta yang menggunakan mesin diesel menjadi listrik. ilustrasi. Foto : Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Transjakarta menggandeng PT VKTR Teknologi Mobilitas/VKTR, anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk/BNBR, untuk mengubah bus diesel menjadi listrik.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengakselerasi penggunaan dan pembangunan ekosistem kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

Dalam kerja sama itu, VKTR Teknologi akan mengubah sekitar 3.000 unit bus eksisting milik Transjakarta yang saat ini masih beroperasi menggunakan tenaga diesel dan CNG.

"Ini akan menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah transportasi umum berbasis listrik di Jakarta," kata Direktur Utama PT Transjakarta M. Yana Aditya dalam siaran persnya, Kamis (18/8).

Sementara itu, Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono mengatakan di tahap awal akan menghasilkan purwarupa (prototype) bus retrofit, sekaligus menjadi awal dalam pelaksanaan program uji coba bus retrofit oleh PT Transjakarta.

"Kerja sama ini menetapkan Transjakarta sebagai pihak yang menyediakan bus konvensional dengan motor bakar (ICE – Internal Combustion Engine) bagi VKTR," kata dia seusai melakukan tanda tangan Nota Kesepahaman (MoU) tripartit dengan PT Transjakarta dan perusahaan Inggris yang bergerak di bidang pengembangan dan penyediaan electric powertrain solutions, Equipmake Limited.

Gilarsi menambahkan, sebagai bentuk keseriusan VKTR dalam upaya penguasaan teknologi dan pengembangan kendaraan listrik tanah air, pihaknya berinvestasi secara langsung di Equipmake Limited.

Diketahui, perusahaan yang berpusat di Snetterton, Norfolk, Inggris ini bergerak di bidang teknologi pengembangan dan penyediaan electric powertrain untuk berbagai jenis kendaraan listrik.

PT VKTR Teknologi Mobilitas/VKTR akan mengubah bus Transjakarta yang menggunakan mesin diesel menjadi listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News