Gandeng Trisakti SC dan SR Asia, Aicon Global Indonesia Gelar Sustainability Festival

Gandeng Trisakti SC dan SR Asia, Aicon Global Indonesia Gelar Sustainability Festival
Sustainability Festival akan diselenggarakan pada 13-17 September 2021 secara virtual. Foto: Dok Aicon Global Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempersiapkan peta implementasi keuangan berkelanjutan pertama sejak 2015 dan peta jalan kedua pada 2021.

Berdasarkan Peraturan OJK No.51/POJK.03/2017, perusahaan lembaga keuangan, emiten, dan perusahaan publik diminta untuk mengimplementasikan keuangan berkelanjutan dan pelaporan keberlanjutan.

“Peraturan-peraturan ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis yang ramah lingkungan dan sosial,” kata Country Director for SR Asia Indonesia Semerdanta Pusaka, Selasa (7/9).

Saat ini, Semerdanta mengungkapkan beberapa perusahaan swasta sudah berusaha untuk menerapkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) secara bertanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan rendah karbon.

Perlu diketahui, tahun ini menjadi tahun keenam sejak ditetapkannya 2030 Agenda for UN Sustainable Development Goals (SDGs).

“SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) menjadi cita-cita seluruh warga dunia, termasuk Indonesia, yang diwujudkan dalam berbagai inisiatif untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan,” ujar Senior Sustainability Advisor Aicon Global Indonesia Delfania Matasik.

Menurutnya, sektor swasta ikut berkontribusi mewujudkan SDGs melalui strategi berkelanjutan, melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta menyusun laporan berkelanjutan.

Dengan begitu, Aicon Global Indonesia bekerja sama dengan Trisakti Sustainability Center dan SR Asia membuka kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman, serta menangkap aspirasi pelaku industri dalam menghadapi tantangan menjalankan praktik keberlanjutan melalui acara Sustainability Festival dengan tema 'Mainstreaming Good Sustainability Practices'.

Aicon Global Indonesia bekerja sama dengan Trisakti Sustainability Center dan SR Asia menggelar Sustainability Festival.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News