Gandeng UGM, Kemristek Kembangkan Listrik Hibrid di Bantul

Gandeng UGM, Kemristek Kembangkan Listrik Hibrid di Bantul
Gandeng UGM, Kemristek Kembangkan Listrik Hibrid di Bantul
JAKARTA - Kementerian Riset dan Teknologi menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) guna mengembangkan energi hibrid di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berlimpahnya panas matahari dan kekuatan angin dari pantai selatan Bantul, dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

"Beberapa kawasan di sini merupakan pilot project pengembangan energi baru dan terbarukan," kata Asisten Deputi Iptek Industri Kecil dan Menengah Santosa Yudo Warsono dalam keterangan persnya, Minggu (8/4).

Program kali ini lebih difokuskan pada pengembangan teknik produksi dan peningkatan kapasitas produksi komponen. Selian itu, juga untuk peningkatan kemampuan UMKM dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir seperti di Pantai Pandansimo.

"Sebenarnya ini telah memasuki tahun ketiga," tambahnya.

Untuk sementara, pemanfaatan pembangkit listrik tenaga hibrid memang masih terbatas. Misalnya, hanya untuk penerangan kawasan wisata pantai, workshop pengembangan energi terbarukan, serta model implementasi sistem inovasi daerah.

JAKARTA - Kementerian Riset dan Teknologi menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) guna mengembangkan energi hibrid di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News