Gangguan Sistem 500 KV Paiton - Grati, PLN Minta Maaf

Gangguan Sistem 500 KV Paiton - Grati, PLN Minta Maaf
Listrik padam. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAWA TIMUR - PT PLN meminta maaf atas pemadaman yang terjadi akibat gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Paiton-Grati, yang mengakibatkan putusnya saluran dari PLTU Paiton dan PLTU Pacitan ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, hal ini akibat adanya gangguan sistem 500 KV Pacitan-Grati, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan untuk wilayah Bali sebagian besar sudah mulai normal,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka.

Sebelumnya, gangguan sistem kelistrikan Jawa Bali pada PLTU Paiton yang terjadi membuat pasokan listrik di Bali berkurang.

Meskipun secara umum listrik di Bali sudah berangsur normal, namun untuk upaya antisipasi beban puncak, PLN mengimbau agar warga bisa mengurangi pemakaian listrik untuk sementara waktu.

Hal ini diharapkan bisa membantu menekan defisit daya yang mungkin terjadi hari ini serta dapat mengurangi dampak pemadaman.

Sementara di Jawa Timur, upaya menekan pemadaman dilakukan dengan cara melokalisir daerah yang mengalami gangguan sehingga tidak memperburuk kondisi yang terjadi.

"Pada pukul 22.18 WIB Jawa Timur sudah normal," jelas dia.

Sementara di Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV Paiton - Grati 1, 2 mengakibatkan sebagian kecil daerah juga mengalami pemadaman, yakni di sekitar Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Gangguan ini mengakibatkan putusnya saluran dari PLTU Paiton dan PLTU Pacitan ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News