Ganja Bermanfaat untuk Pencegahan & Obat Corona? Ini Indikasinya

Ganja Bermanfaat untuk Pencegahan & Obat Corona? Ini Indikasinya
Tanaman ganja. Foto: YouTube/New York Post

jpnn.com, ALBERTA - Ada kabar bagus dari Kanada soal ikhtiar melawan virus corona. Satu tim ilmuwan dari Universitas Lethbridge mengaku telah menemukan jenis ganja yang kuat untuk mencegah dan mengobati infeksi virus pemicu pandemi global itu.

Sebuah studi pada April lalu menunjukkan setidaknya ada 13 tanaman ganja dengan kandungan cannabidiol (CBD) tinggi memengaruhi jalur angiotensin-converting enzyme 2 gene (ACE2) yang dimanfaatkan virus untuk mengakses tubuh.

“Awalnya kami benar-benar terpana, dan kemudian kami sungguh bahagia,” ujar salah satu peneliti, Olga Kovalchuk kepada CTV News.

Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Preprints itu mengindikasikan ekstrak rami dengan kandungan CBD tinggi membantu mengeblok protein yang menyediakan gerbang bagi COVID-19. Ganja mampu mengurangi titik masuk virus hingga 70 persen.

“Oleh karena itu Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk melawannya,” sambung Olga.

Memang, harus ada lebih banyak penelitian soal itu. Namun, andai cara itu terbukti mengurangi kerentanan terhadap penyakit, kelak pemakaian ganja akan menjadi terapi tambahan dalam pengobatan COVID-19.

Ganja bisa dikembangkan dalam bentuk yang mudah digunakan, misalnya untuk obat kumur dan tenggorokan guna mengurangi potensi penularan virus melalui mulut.

“Mengingat situasi epidemi saat ini yang mengerikan dan berkembang pesat, setiap peluang terapi dan cara yang mungkin harus dipertimbangkan,” ujar peneliti dalam studi tersebut.(nypost/ara/jpnn)

Tim peneliti di Universitas Lethbridge, Kanada menemukan indikasi tentang manfaat ganja untuk mencegah dan mengobati penyakit corona.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News