Ganjar Bacapres yang Tawarkan Gagasan Konkret Untuk Kesehatan Mental

Ganjar Bacapres yang Tawarkan Gagasan Konkret Untuk Kesehatan Mental
Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog asal Universitas Semarang (USM) Probowatie Tjondronegoro mengatakan saat ini baru bacapres Ganjar Pranowo yang mengungkapkan gagasan konkret terkait isu kesehatan mental bagi generasi muda.

Menurut pria yang juga dosen Fakultas Psikologi USM itu, Ganjar sudah beberapa kali menyampaikan pentingnya kesehatan mental terutama bagi anak-anak muda. Oleh sebab itu, Ganjar berkomitmen untuk memperbanyak layanan kesehatan mental di kampus dan puskesmas.

"Dari bacapres yang sudah muncul di publik, baru Pak Ganjar yang saya lihat menawarkan gagasan konkret soal isu kesehatan mental di kalangan generasi muda," kata Probowati kepada wartawan, Rabu (4/10).

Soal komitmen Ganjar akan memperbanyak tempat layanan kesehatan mental, Probo menyarankan agar mantan Gubernur Jateng tersebut mengoptimalkan fasilitas konseling yang ada di puskesmas, termasuk para psikolog yang ada di dalamnya.

"Masukan untuk Pak Ganjar, sebelum membangun fasilitas-fasilitas konseling baru, ada baiknya optimalkan dulu yang ada di puskesmas. Untuk membentuk SDM psikolog, membutuhkan waktu yang tidak sebentar," ujar dia.

Menurut Probowati, kunci utama kesehatan mental generasi muda berada di lingkungan pertama, yakni keluarga. Untuk itu edukasi secara jemput bola perlu digalakkan sebagai pencegahan.

"Yang paling penting adalah tindakan preventifnya. Edukasi di lingkungan masyarakat, sekolah-sekolah, webinar, dan seterusnya harus digalakkan," imbuhnya.

Selain sebagai pencegahan, edukasi yang masif ke masyarakat juga diperlukan untuk menghapus stigma negatif terkait kesehatan mental. Pasalnya, selama ini persoalan kesehatan mental masih dianggap tabu bagi sebagian masyarakat sehingga mencegah mereka untuk mengakses layanan profesional.

Ganjar Pranowo menjadi satu-satunya bacapres yang menawarkan gagasan konkret untuk hadapi masalah kesehatan mental.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News