Ganjar Bagikan 6,6 Ton Kue Untuk Ribuan Warga Ketika Hadiri Tradisi Yaa Qowiyyu

Ganjar Bagikan 6,6 Ton Kue Untuk Ribuan Warga Ketika Hadiri Tradisi Yaa Qowiyyu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika hadir di tradisi Sebar Apam Yaa Qowiyyu tahun 2023 kembali digelar di Kompleks Pemakaman Ki Ageng Gribig, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, KLATEN - Puncak perayaan tradisi Sebar Apam Yaa Qowiyyu tahun 2023 kembali digelar di Kompleks Pemakaman Ki Ageng Gribig, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten pada Jumat (1/9) siang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang langsung dan ikut menyebarkan apam ke warga yang hadir dari banyak daerah.

"Ternyata sangat luar biasa. Dua tahun waktu pandemi kemarin kami tidak bisa merayakan dan mulai tahun kemarin bisa dirayakan kembali. Hari ini kedua perayaan dan luar biasa antusiasme masyarakat," ujar Ganjar dalam siaran persnya.

Adapun tradisi Sebar Apam Yaa Qowiyyu tiap bulan Safar dilakukan dengan melemparkan apam dari tokoh masyarakat, kepada warga sebagai pelajaran nilai-nilai bersedekah dan berbagi antarsesama.

Tradisi ini telah berlangsung sejak abad ke-17 yang dikreasikan oleh Ki Ageng Gribig. Tradisi perebutan apam yang disebar dari atas menara memiliki makna bahwa sesuatu itu datangnya dari atas dan jika tidak ada usaha, maka tidak akan mendapatkannya.

Sementara kata Yaa Qowiyyu berasal dari penyingkatan bacaan doa Yaa Qowiyyu Yaa Aziz, Yaa Qowiyyu Wal Muslimin Yaa Qowiyyu War Zukna Wal Muslimin yang berarti ‘berilah kekuatan kepada kami segenap kaum muslimin’.

Sambil diiringi selawat, Ganjar pun turut serta merawat tradisi sebar apam Yaa Qowiyyu yang tahun ini membagikan sebanyak 6,6 ton kue apam untuk masyarakat.

"Apam yang dibuat masyarakat tadi antara 5-6 ton dan itu dikontribusikan oleh masyarakat. Satu pelajaran yang bagus adalah bersedekah, pelajaran ibadah yang bagus dan kemudian semua berkumpul dalam suasana keceriaan, bersilaturahmi bersama, tradisi yang sangat unik," kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir dalam tradisi Sebar Apam Yaa Qowiyyu di Klaten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News