Ganjar Beber Solusi Hadapi TikTok Shop & Jualan Artis Pemati Pasar Tradisional

Ganjar Beber Solusi Hadapi TikTok Shop & Jualan Artis Pemati Pasar Tradisional
Bakal capres 2024 Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo merespons keluhan para pelaku UMKM hingga pedagang pasar tradisional yang usahanya terganggu kehadiran perdagangan online.

Salah satu yang menjadi perhatian saat ini adalah kemunculan TikTok live shop serta maraknya artis turut berjualan secara daring.

Ganjar mengatakan untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah mesti melindungi pedagang di pasar tradisional, tetapi solusinya bukan dengan serta merta mematikan TikTok live shop atau melarang artis berjualan.

Menurutnya, negara tidak bisa melarang usaha seseorang yang tidak melanggar hukum. Namun negara bisa mengatur agar aktivitas seseorang tidak menganggu pihak lain.

"Kalau artis jualan sembako itu oke apa tidak? Ya okelah. Itu hak dia berjualan masak kita larang. Negeri ini tidak bisa melarang, yang bisa dilakukan adalah mengatur," ujar Ganjar dalam Podcast Merry Riana yang ditayangkan Jumat (22/9).

Sosok pria berambut putih itu mengatakan ada tiga hal yang harus dilakukan oleh pemerintah. Pertama, pendekatan filosofis yakni melindungi pedagang kecil.

Lalu yang kedua, pendekatan sosiologis yakni mencermati akar permasalahan dan mencari solusi untuk membereskannya.

"Ini disrupsi sedang terjadi, dan ini soal sosiologis. Maka segera upskilling cepet, pemerintah harus turun tangan mengundang mereka ayo duduk bareng," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo menyampaikan solusi yang harus dilakukan untuk menghadapi kemunculan TikTok shop serta jualan artis yang mengancam pasar tradisional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News