Ganjar Berencana Menghadirkan Bus Listrik di Perkotaan

Ganjar Berencana Menghadirkan Bus Listrik di Perkotaan
Gubernur Ganjar Pranowo menjajal motor listrik. Foto: dok Viar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pabrik dan serah terima kendaraan listrik buatan Viar Jawa Tengah, di Kawasan Industri BSB, Mijen, baru-baru ini.

Pihaknya juga mendorong industri-industri segera melakukan riset dan pengembangan mobil listrik. Saat ini yang sedang dibahas adalah penggunaan bus listrik untuk transportasi umum di Jateng

“Yang kami mau dorong itu mobil. Termasuk di dinas perhubungan kita itu bus. Kami sudah penjajakan dengan beberapa penyedia bus listrik sehingga harapannya bus-bus kota itu mungkin semuanya trans Jateng juga bisa diganti listrik,” katanya.

Dalam acara itu, Ganjar melepas ribuan motor listrik buatan Viar di Jateng yang digunakan untuk para driver Grab. Ganjar mengapresiasi langkah transformasi bahan bakar fossil ke listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Ini bagian dari spirit bagaimana mentransformasikan motor yang berbahan bakar Fossil pindah ke listrik,” tegas Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar yang juga didampingi perwakilan dari Kementerian ESDM tersebut juga mengingatkan agar persiapan transformasi ini dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait pengelolaan limbah baterainya.

“Nah kami harapkan bagaimana cara merecycle yang aman yang tidak membuat limbah B3 dan seterusnya ternyata sudah dipikirkan semua dan sekarang sistemnya sedang dikembangkan, nanti ada semacam tempat untuk riset and development berkaitan dengan baterainya,” ujar Ganjar.

Upaya ini, kata Ganjar, harus didukung penuh. Selain membawa banyak manfaat, juga mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar fossil.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan saat ini yang sedang dibahas adalah penggunaan bus listrik untuk transportasi umum di Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News