Ganjar Bikin Pertumbuhan Ekonomi Jateng Naik di Triwulan II 2023

Ganjar Bikin Pertumbuhan Ekonomi Jateng Naik di Triwulan II 2023
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau event yang memberdayakan UMKM di Semarang. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Badan Pusat Statistik Jawa Tengah (BPS Jateng) mencatatkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II tahun 2023 sebesar 5,23 persen, secara Year on Year (YoY). Catatan ini lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17 persen.

Sementara, pertumbuhan ekonomi Jateng pada triwulan II tahun 2023 ini juga lebih baik dari triwulan sebelumnya. Pada triwulan I BPS Jateng mencatat pertumbuhan ekonomi di angka 5,04 persen.

Perekonomian Jateng pada Triwulan II tahun 2023 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp421.281,65 miliar. Sementara atas dasar harga konstan (ADHK) 2010 mencapai Rp275.013,83 miliar.

Capaian ini tak lepas dari upaya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam menggandeng Amerika Serikat, Tiongkok, dan Jerman sebagai mitra datang Jateng. Pertumbuhan ekonomi mereka berdampak pada peningkatan laju perekonomian Jateng.

“Alhamdulillah pertumbuhannya bagus meskipun tidak meloncat tapi seiring dengan pertumbuhan nasionalnya. Sedikit lebih tinggi,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Sabtu (12/8).

Pertumbuhan ekonomi Jateng juga dipicu adanya momentum mudik Lebaran. Pada momentum tersebut, inflasi di Jateng cukup terjaga yang diindikasikan dengan harga-harga kebutuhan pokok cenderung terkendali.

“Sehingga ekonomi akan bisa tumbuh, konsumsi akan tumbuh. Harapan kami ini bisa mengerek ekonomi khususnya yang UMKM ya,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menggerakkan sejumlah event kreatif untuk menggerek pertumbuhan ekonomi Jateng. Salah satunya melalui Great Sale dan Pameran Otentik dalam rangka HUT Jateng ke-78 yang diselenggarakan di The Park Mall Semarang mulai 10-14 Agustus 2023.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mampu membuat ekonomi di wilayahnya meningkat pada triwulan II 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News