Ganjar Cerita Sukses Jaga Keistimewaan DIY Saat Diskusi Bareng Warga di Kulonprogo

Ganjar Cerita Sukses Jaga Keistimewaan DIY Saat Diskusi Bareng Warga di Kulonprogo
Calon presiden Ganjar Pranowo ketika berdiskusi bersama warga di Kulonprogo, DIY. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, KULONPROGO - Sejumlah warga menyampaikan terima kasih kepada capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo sebagai sosok yang berada dalam garda terdepan dalam mempertahankan keistimewaan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Merespon hal tersebut, Ganjar menyatakan bahwa semua pihak telah berjasa dalam hal tersebut, meski terjadi pro kontra pada saat itu.

"Dan saya senang kawan-kawan juga bangga tentu bukan karya saya saja, itu karya dari pemerintah yang mewakili pemerintah dan dari fraksi-fraksi yang waktu itu menyetujui," kata Ganjar saat bersilaturahmi dengan warga di Dusun Njimatan, Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Lendah, Kulonprogo, DIY, Rabu (15/11).

"Memang ada yang tidak setuju, tetapi alhamdulillah, akhirnya keistimewaan terwujud. Itulah tugas saya yang diberikan kepada kami semuanya untuk menyelesaikan," lanjut Ganjar.

Ganjar yang kala itu sebagai pimpinan Komisi II DPR berada dalam garda terdepan dalam mempertahankan Yogyakarta sebagai daerah istimewa. Ganjar juga yang punya andil besar sehingga terlahirlah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012.

Undang-Undang ini menegaskan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Warga Yogyakarta mempertahankan keistimewaan Yogyakarta ditempuh melalui dua jalur, yakni jalur diplomasi dan jalur gerakan kerakyatan.

Kala itu, Ganjar memperjuangkan keistimewaan Yogyakarta melalui jalur diplomasi dalam kapasitasnya sebagai wakil rakyat. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Ganjar Pranowo menceritakan kesuksesannya mempertahankan keistimewaan DIY kepada warga di Kulonprogo.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News