Ganjar Creasi Ajak Warga Lamongan Budi Daya Maggot untuk Jadi Pupuk dan Pakan Ternak

Ganjar Creasi Ajak Warga Lamongan Budi Daya Maggot untuk Jadi Pupuk dan Pakan Ternak
Ganjar Creasi mengajarkan warga Lamongan untuk budi daya maggot. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, LAMONGAN - Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR Bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) kembali melanjutkan kegiatan bermanfaatnya untuk masyarakat Jawa Timur (Jatim).

Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu pun mengadakan pelatihan pembudidayaan maggot di Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, pada Sabtu (9/9).

Pelatihan yang diikuti puluhan petani dan peternak itu bertujuan untuk mengedukasi para peserta akan tingginya potensi maggot dalam dunia pertanian dan peternakan.

Koordinator Wilayah G-Creasi Jatim, Ilham Hasan menyebut maggot bisa dijadikan pakan ternak serta kotorannya bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.

"Jadi, ketika memelihara maggot, siklusnya itu bisa berguna untuk apapun. Mudah memelihara, hasilnya pun bisa untuk pakan (ternak), pupuk, dan lain sebagainya," kata Ilham.

Meski bentuknya yang menggelikan, budi daya maggot dijelaskan Ilham, memiliki banyak keuntungan. Bukan sekadar teknik pemeliharaan yang mudah, tapi juga memiliki potensi ekonomis.

"Kenapa kami memilih budidaya maggot, karena maggot itu budi dayanya cukup mudah. Dengan bahan-bahan yang tersedia di lapangan, itu bisa kita budidaya maggot. Bahannya itu bisa dari kotoran hewan, dan kotoran dari maggot itu bisa dijadikan pupuk," ujar Ilham.

Para peserta pun juga nampak antusias dan bersemangat mengikuti jalannya pelatihan. Ilham menyebut, hal itu terjadi karena budi daya maggot masih terbilang asing di antara mereka.

Sukarelawan Ganjar Creasi mengajak warga Lamongan untuk budi daya maggot sebagai pupuk dan pakan ternak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News